Unsur - Unsur Pokok Dalam Perencanaan Pembangunan



Unsur - Unsur Pokok
Dalam Perencanaan Pembangunan
Dari berbagai kajian yang ada, dapat diasumsikan bahwa perencanaan itu merupakan sesuatu yang dinamis dan mudah untuk diharmonisasikan dengan suatu kondisi dan arah yang akan dicapai. Kedinamisan sebuah  perencanaan dalam proses pembangunan dapat dilihat dari faktor sifat, ruang lingkup, dan pelaku perencanaan pembangunan itu sendiri yang dapat berubah sesuai dengan dinamika pembangunan yang ada maupun yang diciptakan. Esensi dari kedinamisan yang terkandung pada perencanaan tentunya diharapkan untuk memberi/membuka peluang yang lebih besar dan potensial dalam mencapai suatu hasil atau tujuan akhir dari setiap perencana maupun bagi  objek/ sasaran dari pelaksanaan perencanaan tersebut. 

Keberhasilan dalam pencapaian suatu tujuan tidak mutlak merupakan milik hajatan yang berpedoman pada perencanaan. Tidak dapat kita nafikan bahwa masih ada dan kadang masih sering ditemui sebuah prestasi atau kesuksesan dalam pelaksanaan suatu aktivitas yang dijalankan tanpa sebuah perencanaan. Kondisi ini masih berlaku dan bisa ditemukan hampir di seluruh belahan dunia ini. Suatu hal yang penting untuk dicermati dalam hal ini adalah walaupun arah akhir dari aktivitas yang dilaksanakan adalah  sama-sama mengupayakan pencapaian tujuan atau target yang ditentukan dan walaupun pada suatu saat sama-sama mampu mencapai tujuan atau target masing-masing akan tetapi apabila dibandingkan dari segi efektivitas dan tingkat resiko serta kemampuan untuk menstabilisasi pencapaian hasil akan lebih dimungkinkan pada suatu aktivitas yang dilaksanakan dengan berpedoman kepada perencanaan.

Dari fenomena tersebut di atas memberikan sebuah gambaran tetap sebuah perencanan memiliki nilai lebih yang menjanjikan.  Dari kondisi di atas dapat juga  diasumsikan bahwa perencanaan sangat berpengaruh pada hasil akhir suatu kegiatan. Untuk mencapai suatu hasil yang lebih menjajikan dari sebuah proses perencanaan, maka ada beberapa unsur-unsur pokok yang menjadi komponen perencanaan, yaitu[1] :
a.       Kebijaksanaan dasar atau strategi dasar rencana pembangunan, yang sering pula disebut tujuan, arah dan prioritas  pembangunan.
b.       Adanya kerangka rencana yang menunjukkan hubungan variabel-variabel pembangunan dan implikasinya
c.        Perkiraan sumber-sumber pembangunan terutama  pembiayaan
d.       Adanya kebijaksanaan yang konsisten dan serasi, seperti kebijaksanaan fiskal, moneter, anggaran, harga, sektoral dan pembangunan daerah
e.        Adanya program investasi yang dilakukan secara sektoral
f.         Adanya administrasi pembangunan yang mendukung perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.


[1] Bintoro Tjokroamidjojo, Perencanaan Pembangunan,  Gunung Agung, Jakarta, 1985, Hal :  62-65

Belum ada Komentar untuk "Unsur - Unsur Pokok Dalam Perencanaan Pembangunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel