Latar Belakang Kelahiran Ilmu Perbandingan Administrasi Negara



Tujuan Instrusional Umum: Setelah mempelajari mata kuliah Ilmu Perbandingan Administrasi Negara mahasiswa dapat memahami latar belakang kelahiran studi perbandingan administrasi negara, tujuan perbandingan administrasi negara, pendekatan yang dapat dipergunakan dalam studi perbandingan administrasi negara, dan beberapa sistemadministrasi negara yang ada

Tujuan Instrusional Khusus: Mahasiswa dapat menjelaskan lima faktor penyebab pentingnya Studi Perbandingan Administrasi Negara dan lima peristiwa yang mengawali kelahiran Ilmu Perbandingan Administrasi Negara


Latar Belakang Kelahiran Ilmu Perbandingan Administrasi Negara
  1. Pentingnya studi perbandingan Administrasi Negara terutama disebabkan oleh 5 faktor, yaitu :
1.       Banyak Negara-negara baru memperoleh kemerdekaan setelah berakhirnya Perang Dunia ke-II.
  1. Semakin luasnya keterlibatan Amerika Serikat di dalam urusan-urusan internasional.
  2. Semakin besarnya keterlibatan PBB dalam menangani masalah-masalah internasional, terutama terhadap Negara-negara yang menjadi anggotanya.
  3. Merupakan motivasi para ahli ilmu administrasi Negara untuk mengembangkan teori-teori administrasi Negara guna kepentingan akademis maupun praktis.
  4. Timbulnya suatu kesadaran baru, baik di kalangan ilmuan maupun para praktisi bahwa ekologi administrasi Negara memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap proses-proes dan perilaku aparatur dalam administrasi Negara.

II. Beberapa Peristiwa Penting Yang Mengawali Kelahiran Studi Perbandingan Administrasi Negara

  1. Kebijaksanaan Pemerintah Amerika Serikat yang dikenal dengan kebijaksanaan Marshall Plan, yakni suatu proyek untuk membantu pembangunan/penataan kembali sistem perekonomian Negara-negara Eropa yang telah hancur akibat Perang Dunia ke-II.
  2. Pada tahun 1952, Publik Administration Clearing House (PACH) merupakan suatu lembaga sebagai pusat pengumpulan, pengklasifikasian, dan penyebaran informasi administrasi Negara, bertindak sebagai sponsor utama pada konferensi Comparative Administration yang di selenggarakan di Princetone, Amerika Serikat.
  3. Pada tahun 1953, International Political Sciense Assosiation (IPSA) memprakarsai diselenggarakannya diskusi panel tentang Comparative Public Administration yang di ketuai oleh Charles S. Ascher. Selanjutnya di bawah naungan IPSA ini berbagai penelitian tentang studi perbandingan administrasi Negara telah banyak dilakukan di Negara-negara Eropa.
  4. Guna lebih mengekfektifkan Kebijaksanaan pemerintah Amerika Serikat untuk membantu pembangunan Negara-negara yang sedang berkembang yang diilhami oleh keberhasilan Marshall Plan, maka pada tahun berikutnya Act for International Development diundangkan dan akan ditangani oleh Technical Coorporation Administration di bawah naungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.
  5. Pada tahun 1959, terbentuklah Comparative Administration Group (CAG). Kelompok inilah dikemudian hari memiliki andil yang paling besar dalam mengembangkan kajian/ studi perbandingan administrasi Negara tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Latar Belakang Kelahiran Ilmu Perbandingan Administrasi Negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel